Serial Futurist: Serial Sains Fiksi Pertama di Indonesia

Perkenalan Serial Futurist


Ada yang pernah dengar genre sains fiksi? Ada yang pernah tahu apa itu sains fiksi? Secara sederhana genre ini menyertakan bumbu-bumbu ilmiah, baik yang bersifat kenyataan, prediktif, maupun hipotesis.

Di Indonesia masih jarang ditemukan karya bergenre ini. Coba kalian search di google, ketikkan "novel/film sains fiksi Indonesia". Street! Jreeeng! Paling hanya menemukan beberapa judul, itu pun tak terlalu terkenal. Ya, itulah realistas pembaca kita, negara Indonesia tercinta ini. Malah kebanyakan sains fiksi dari negara-negara yang sudah maju semacam Amerika, Eropa, atau baru-baru ini yang muncul China.

Walaupun begitu, realitas pemuda kita cukup populer dengan menonton film-film action, triller, karakter superhero, dll berbau sains dari luar meski dengan subtitle Indonesia. Dari sini, secara obyektif bahwa seharusnya sains fiksi dalam dunia sastra dapat diterima di kalangan publik Indonesia. Bedanya, film menyuguhkan realitas visual yang dapat dirasakan langsung oleh penontonnya, sementara sastra menampilkan teks-teks yang hanya bisa diimajinasikan oleh pembacanya sendiri. 

Lalu dengan serial futurist? Secara umum, ini merupakan salah satu "proyek literasi" admin. :) Di mulai penulisan dari tahun 2016 (kelas 10 MA), serial ini mengusung konsep "masa depan". Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah daftar "calon judul", baik yang sudah selesai ditulis maupun belum:
1) Oxygenation (aktivis dan revolusi lingkungan 2040)
2) The Geat Crisis (bencana teknologi dan lingkungan 2060)
3) Antimateri I dan Antimateri II (bencana megaproyek antarbintang 2090)
4) The Martian BIOSPACE (krisis misi kolonisasi di planet merah 2132)
5) Amnesia (roman antariksa 2190)
6) Menembus Batas (roman antariksa 2290)
7) 1000 Tahun Cahaya (revolusi peradaban 3040)
8) Terraform (megaproyek keantariksaan 3150)
9) Invasion (revolusi dan perang antarperadaban 3210)
10) Asteroid (bencana 3320)
11) Black Hole (revolusi, psikologi 4100)
12) Sleep in the Deep Sky (roman keantariksaan, revolusi, psikologi)

Terakhir, masih ada beberapa judul lain masih dipertimbangkan oleh penulis. Simak di pic saja yaah. ;)

A.M

Lanjutan serial sains fiksi dan buku umum

Komentar

Postingan Populer